Tutorial Install Apache Tomcat di Operating System Windows

Bagi anda pecinta open source seperti layaknya operating system linux setidaknya harus tau mengenai seluk beluk yang ada di dalam nya. Mengenai bagaimana sistem kerjanya, bagaimana cara instalasi software nya, dan sebagainya. Jika anda mengerti berbagai macam hal tersebut, dijamin pasti komputer anda akan awet dan tidak perlu berulang kali melakukan install ulang operating system nya. Dan selain itu, dengan anda mengerti segalanya tentang suatu operating system, maka anda dapat melakukan banyak eksplorasi atau pun eksperimen dengan operating system tersebut.

apache tomcat

Namun, bukan secara keseluruhan dari sebuah operating system yang akan kami bahas kali ini. Yang akan kami bahas adalah menyangkut dengan suatu servlet atau pun web container pada pemrograman web java dari sebuah sistem operasi berbasis open source. Mungkin anda pecinta open source ada yang sudah mengetahuinya. Yap, servlet tersebut adalah apache tomcat. Apache tomcat ini berada di bawah naungan apache software foundation. Namun, yang berbeda kali ini, kami tidak membahas nya pada sistem operasi berbasis open source. Kami akan membahas nya pada sistem operasi close source yaitu windows. Langsung saja kita bahas bagaimana cara instalasi servlet apache tomcat ini.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Download terlebih dahulu apache tomcat pada link berikut http://jakarta.apache.org dalam bentuk .tar.gz .
  • Extract apache tomcat-6.0.18 ke dalam directory C:\ komputer anda.
  • Selanjutnya setting PATH Catalina Home serta Java Home nya.
  • Jangan lupa setting juga Java Home dan Catalina Home.
  • Kemudian setting PATH nya.
  • Restart windows anda, agar setting yang telah dilakukan dapat diperbaharui oleh sistem.
  • Buka Command prompt (cmd) dan ketik command berikut catalina.bat run pada layar command prompt.
  • Buka browser seperti mozilla firefox, internet explorer, google chrome atau browser lainnya dan ketik command berikut http://localhost:8080/ pada tab URL nya.
  • Terakhir, untuk stop apache tomcat ini, anda dapat mengeksekusi command berikut catalina.bat stop pada layar command prompt.

Begitulah kira-kira cara install servlet apache tomcat pada operating system windows. Semoga bermanfaat bagi anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*