Tutorial Uninstall Program Secara Sempurna

Berbagai macam aktifitas sehari-hari banyak kita lakukan menggunakan komputer atau pun laptop. Saat ini komputer atau pun laptop bukan lagi sebuah barang mewah yang sulit untuk dibeli atau pun dimiliki. Bahkan saat ini komputer atau pun laptop sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dikarenakan banyaknya kegiatan yang kita habiskan di depan komputer atau pun laptop. Maka dari itu, ada baiknya anda merawat baik-baik komputer atau pun laptop anda agar bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama atau dengan kata lain anda dapat menggunakan komputer atau pun laptop anda dalam rentang waktu yan sangat lama.

article-new_ehow_images_a06_53_0b_uninstall-programs-broken-links-800x800Salah satu perawatan yang dapat anda lakukan terhadap komputer atau pun laptop anda adalah dengan menghapus atau pun menguninstall segala jenis aplikasi yang memang sudah tidak anda butuhkan lagi. Anda bisa saja menghapus atau pun menguninstall berbagai aplikasi dengan menggunakan bantuan sebuah aplikasi. Namun, biasanya aplikasi yang anda uninstall tersebut tidak sepenuhnya terhapus dari komputer atau pun laptop anda. Pasti masih ada beberapa file bawaan nya yang tersisa. Maka dari itu, sebaiknya kita menghapusnya secara total.

Bagaimana cara meng-uninstallnya secara total ? Hal itulah yang akan congkel bahas pada artikel kali ini. Pada artikel ini, kami akan mencontohkan meng-uninstall secara total aplikasi mozilla. Berikut langkah-langkahnya.

Mencopot Program Melalui Control Panel

Caranya:

  • Masuk ke Control Panel –> Programs and Features, lalu pilih aplikasi yang ingin dicopot dan klik menu Uninstall.

Menghapus sisa file dari folder program

Caranya:

  • Pertama-tama, jalankan fungsi Run dan masukkan salah satu kode berikut ini:
    %programfiles%
    %appdata%
  • Kemudian, buka folder Program Files dan temukan folder program yang masih tersisa, lalu hapus.
  • Jangan lupa buka folder data aplikasi dengan mengetikkan %appdata% pada fungsi Run, kemudian temukan folder Mozilla dan hapus folder tersebut.

Menghapus Registry program

Caranya:

  • Pertama-tama, jalankan fungsi run dan masukkan satu persatu direktori berikut dan temukan direktori terkait program Mozilla.
    HKEY_CURRENT_USER\Software
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE
    HKEY_USERS\.DEFAULT\Software
  • Kemudian hapus registry tersebut secara permamen.

Menghapus folder Temp program

Caranya:

  • Pertama-tama, jalankan fungsi RUN dan ketikkan satu persatu perintah di bawah ini:
    %temp%
    temp
  • Terakhir, temukan folder yang berkaitan dengan aplikasi yang ingin anda hapus (dalam kasus ini adalah Mozilla), kemudian hapus folder tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*